Tugas Manajemen layanan Sistem Informasi
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA
PERUSAHAAN GO-JEK
Kelompok 5
Disusun oleh :
Aziz Rizkyawan 11115204
Budi Kurniawan 11115413
Dinhar Agung P 11115957
Ridho Aryo S 15115926
Zikri Adam S 17115405
UNIVERSITAS
GUNDARAMA
2017
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap puji syukur
kehadirat Allah swt, yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kami untuk dapat
menyelesaikan makalah yang berjudul “SISTEM PERUSAHAAN GOJEK”. Tujuan penyusunan
makalah ini ialah untuk melengkapi tugas mata kuliah softskill. Serta
memberikan wawasan dan realita kepada pembaca mengenai GO-JEK.
Kami berharap semoga dengan
disusunnya makalah ini dapat memberikan pengetahuan bagi para pembaca. Amin.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih kurang jauh dari sempurna, oleh Karena
itu kritik dan saran dari semua pihak yang berisfat membangun selalu kami
harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Bekasi, April 2017
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ..............................................................................................................
... i
KATA PENGANTAR ...............................................................................................................
i
DAFTAR ISI …………………………………………………………………………………ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
…………………………………………………………………….. 1
1.2 Rumusan Masalah
…………………………………………………………………. 1
1.3
Tujuan …………………………………………………………………………….. 1
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian GO-JEK ………………………………………………………………… 2
2.2
Fitur Aplikasi GO-JEK
…………………………………………………………….. 2
BAB III PEMBAHASAN
3.1
Alur Proses GO-JEK ……………………………………………………………….. 3
3.2 Kelebihan dan Kekurang GO-JEK ………………………………………………….
6
BAB
IV PENUTUP
1.1 Kesimpulan ………………………………………………………………………… 9
1.2 Saran ……………………………………………………………………………….. 9
REFERENSI
1.
Referensi.....................................................................................................................10
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Pendiri
GO-JEK yang bernama Nadiem Makarim, mungkin tidak semua orang mengenal sosoknya
namun siapa yang tidak mengenal GO-JEK saat ini. GO-JEK sebagai perusahaan
startup lokal, kini telah berkembang pesat keseluruh kota-kota besar Indonesia
dan berubah menjadi perusahaan professional yang menawarkan jasa transportasi
antar penumpang dengan sepeda motor alias ojek. Fenomena GO-JEK sebagai brand
juga kini bisa dibilang semakin melambung tinggi, banyak sekali orang-orang
yang menggunakan aplikasi berbasi ojek online ini ( GO-JEK ) dan banyak sekali
media media online yang membicarakannya, baik itu segi positif maupun
negatifnya.
1.2 Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas,
maka rumusan masalah yang akan kami bahas antara lain :
1.
Apa
itu GO-JEK ?
1.3 Tujuan
Untuk mengetahui alur proses dari
perusahaan GO-JEK
Untuk mengetahui kelebihan dan
Kekurangan dari perusahaan GO-JEK
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian
GO-JEK
GO-JEK merupakan perusahaan berjiwa
social yang memimpin revolisi industri transportasi Ojek. GO-JEK bekerjasama
dengan para pengendara ojek berpengalaman di Jakarta, Bandung, Bali &
Surabaya dan menjadi solusi utama dalam pengiriman barang, pesan antar makanan,
berbelanja dan berpergian ditengah kemacetan.
Dengan
menggunakan GO-JEK APP, anda dapat memesan GO-JEK Driver untuk mengakses semua
layanan ini. Dengan cara masukkan alamat anda untuk mengetahui biaya penggunaan
layanan. Gunakan layanan ‘Use My Location’ untuk mengarahkan Driver ke tempat
anda berada.
Setelah
anda mengkonfirmasi pesanan, teknologi location-based kami akan mencari Driver
yang posisinya bedekatan dengan anda. Setelah seorang Driver ditugaskan, anda
dapat melihat foto Driver, mengirimkan sms dan juga dapat menelfonnya.
2.2 Fitur Aplikasi GO-JEK
Tidak hanya itu, ada hal yang
special dari aplkasi GO-JEK ini. Ojek-ojek yang tergabung dalam GO-JEK tidak
hanya menawarkan transportasi, tapi juga jasa kurir (instant courier) dan
berbelanja (Shopping).
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Alur Proses GO-JEK
Perlu mendaftarkan account untuk
bisa menggunakan apps GO-JEK. E-mail digunakan hanya untuk satu account saja,
Nama No HP satu No HP hanya bisa digunakan 1 account saja.
Setelah mendaftar, baru
kita bisa login via apps nya GO-JEK dengan memasukkan email dan password.
Berikut tutorialnya :
- Kurir
Untuk
pemesanan kurir pilih “Instant courier” dari halaman utama seperti gambar
diatas, setelah itu kita akan diminta untuk memasukkan lokasi penjemputan dan
pengiriman barang yang kita titipkan. Untuk memilih lokasi, kita bisa langsung
menggunakan fitur peta yang disediakan oleh apps GO-JEK. Jadi sangat mudah
menemukan lokasi yang kita inginkan, tinggal search. Selain itu, kita wajib
mengisi detail lokasi yang kita inginkan. Tujuannya untuk membantu drivernya
agar tidak kebingungan saat ingin menuju lokasinya.
Setelah
kita mengisi lokasi, jenis barang dan waktu pengiriman kita akan masuk ke
halaman konfirmasi. Disana kita bisa liat harganya untuk jasa kurir tersebut.
Tidak ada biaya tambahan selain biaya dasar Go-Jek Kalau sudah benar dan setuju
dengan harganya, tinggal klik Order.
- Transportasi
Untuk transportasi
ojek, pilih "Transport" dari halaman utama. Pada dasarnya halamannya
sama seperti saat mau memesan jasa kurir. Bedanya kita hanya tidak perlu
menyebut barang apa yang ingin kita antar.. karena dalam hal ini,
"barang" yang mau diantar ya kita sendiri. Kita juga bisa pesan
GO-JEK untuk orang lain. jadi penumpang ojek yang kita pesan tidak harus diri
kita sendiri, bisa saja orang tua/teman/pacar/suami/istri kita. Jadi di sini
kita tetap perlu memasukkan lokasi penjemputan dan tujuan kita kemudian juga
waktu penjemputan yang kita inginkan (sekarang atau nanti). Setelah itu akan
masuk halaman konfirmasi yang serupa.. kalau sudah OK dengan harganya tinggal
klikOrder.
Setelah melakukan
pemesanan salah satu jasa GO-JEK di atas, kemudian sistem GO-JEK akan melakukan
semacam broadcast ke para tukang ojek yang akan mengambil kerjaan ini!. Dari
sisi pengguna sih, kita tinggal menunggu saja, Nanti kalau sudah ada tukang
ojek yang mengambil kerjaannya, kita akan dapat notifikasi dari aplikasi GO-JEK
nya bahwa sudah ada tukang ojek yang mengambil tugas ini. Dan biasanya kita
hanya menunggu sekitar 1-5 menit saja untuk didatangi tukang ojek tersebut.
Apabila
tukang ojek nya sudah sampai, kita lagi-lagi akan dapat notifikasi dari
aplikasi GOJEK. Kalau kesulitan menemukan tukang ojeknya, kita bisa telepon/SMS
dia.. tinggal klik Call / Send message saja. Ciri-ciri ojek yang tergabung
dalam GO-JEK adalah biasanya: Biasanya menggunakan jaket hijau bertuliskan
GO-JEK di belakangnya, Menggunakan atau membawa helm hijau yang berlogo dan
bertuliskan GO-JEK Setelah ketemu, kalian boleh minta masker dan penutup
rambut, dan itu semua GRATIS tanpa biaya tambahan karena itu fasilitas yang
diberikan GO-JEK untuk penumpang. Gimana sistem pembayaran Go-Jek? apakah harus
cash setelah sampai di tujuan? Ya.. kita bisa bayar cash langsung ketika sampai
di tujuan ke tukang ojeknya ( sesuai dengan tarif yang berlaku). Tapi sebenarnya
kita juga bisa menggunakan cashless payment yang sedang digalakkan oleh
pemerintah, yaitu dengan menggunakan GO-JEK Credit! Kita bisa top up go-jek
credit kita melalui transfer ke rekening BCA nya Go-Jek: 5240327068 (minimal
top up Rp100.000). Jadi, kalau ada saldo di GO-JEK credit kita, setiap
pembayaran GO-JEK akan langsung terpotong dari GO-JEK credit tersebut. Jadi
kita tidak perlu lagi bayar cash ke tukang ojek yang mengantar kita. Setelah
selesai menggunakan jasa GO-JEK (kurir / transport / belanja), kita akan
diminta untuk review tukang ojek nya.. Mari kita review sesuai dengan
pengalaman kita.. kalau memang bagus, ya beri saja nilai bagus.
3.2
Kelebihan Dan Kekurangan GO-JEK
Kelebihan
:
1.
Tarif Relatif Murah dan
Transparan
Dahulu sering kali konsumen merasa tertipu oleh tukang ojek
yang memberikan tarif yang lebih dan tidak masuk akal. Tetapi sekarang, dengan
keberadaannya aplikasi ojek online semua menjadi transparan baik itu bisa
mengetahui rute perjalanannya dan tarifnya bisa diketahui lebih dahulu. Jadi
semua tarif yang harus dibayar penumpang sudah tertera sejak awal, sehingga
tidak ada proses tawar menawar lagi dengan pengendara. Terlebih dengan adanya
berbagai promo yang ditawarkan oleh pihak ojek online.
2.
Praktis
Dengan
ojek online jelas semua menjadi praktis, karena kamu bisa memesan atau kamu
ingin mengantarkan barang dari rumah serta kantor hanya dengan gadget. Driver
ojek online langsung menghampiri sesuai keinginan pemesan.
3.
Aman dan Terpercaya
Aman,
ya karena setiap driver atau konsumen harus melakukan registrasi terlebih
dahulu. Sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, semua dapat
dilacak dengan mudah. Dengan begitu, penumpang akan merasa lebih aman
menggunakan pengemudi yang sudah terdaftar. Penumpang juga bisa mengetahui rute
perjalanannya jadi bisa merasa aman dan nyaman ketika menggunakan layanan dari
ojek online.
Kekurangan :
1. Jaringan Sering Bermasalah
Karena
ini berupa aplikasi online maka besar kemungkinan akan ada gangguan dari sistem
jaringan. So, jika sedang ada bermasalah di sistem jaringan, baik konsumen
maupun bagi driver tidak bisa berbuat banyak hingga jaringannya benar-benar
telah benar.
2.
Kurangnya
Pemahaman Driver go-jek terhadap keselamatan berkendara
Kebanyakan
dari driver ojek online kurang memahami mengenai keselamatan di jalan raya.
Padahal Go-jek, telah memberikan bekal pengetahuan para drivernya tentang
safety riding atau keselamatan dalam berkendara. Hal ini jelas, akan berdampak
fatal jika sang driver ojek online tidak mengetahui mengenai keselamatan dalam
berkendara.
3.
Tidak
bisa memilih Driver
Di aplikasi ojek online ini kita bisa melihat apakah ada
ojek yang berada di sekitar kita yang dapat menjemput kita dengan cepat jika
order dilakukan. Tapi sayangnya, kita tidak bisa memilih driver mana yang akan
kita gunakan. Setelah kita memesan, maka para driver akan "berebut"
untuk mendapatkan order tersebut.
4.
Standar
pelayanan yang sudah tidak lagi standar
Ini saya rasakan di layanan Go-Jek. Ketika baru awal-awal
beroperasi, setiap pengemudi Go-Jek yang saya pesan selalu dengan sigap
menawarkan masker dan cover kepala sebagai bagian dari layanan ojek online ini.
Tetapi belakangan ini hal tersebut semakin langka, jangankan penutup kepala,
masker saja kadang mereka tidak tawarkan. Padahal di aplikasinya masih jelas
tertulis bahwa hal tersebut merupakan bagian dari layanan ojek online ini.
Standard pelayanan di aplikasi sudah tidak menjadi standar para pengemudinya di
lapangan.
5.
Tidak
bisa pindah tujuan
Ketika kita sudah di atas motor tukang ojek online ini, maka
kita akan diantarkan ke titik lokasi sesuai yang kita pesan di aplikasinya.
Kalau di tengah jalan ada perubahan rencana atau panggilan mendadak, maka kita
tidak bisa secara serta merta meminta sang pengemudi untuk merubah arah tujuan.
6.
PELANGGARAN
PRIVASI!!!
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Sekian makalah yang
kami buat, semoga dapat bermanfaat khususnya bagi kami umumnya bagi para
pembaca. Kami sadar dalam penulisan makalah ini masih jauh dari kata sempurna,
maka dari itu kami harapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi
perbaikan makalah yang akan kami buat nanti. Selamat mencoba aplikasi GO-JEK
dan mari kita kembangkan teknologi, maju dalam karya berperan bagi bangsa.
4.2 Saran
Pada
pemesanan lewat apps GO-JEK ini, seharusnya tarif yang diberikan tidak terlalu
tinggi, karena tarif yang diberikan untuk berpergian jauh dan dekat hampir sama
bahkan untuk jasa kurir pun memerlukan uang upah dari si pelanggan. Sebaiknya
upah untuk jasa kurir pengantar barang pesanan kita, upahnya diberikan dari
perusahaan dan langsung masuk ke rekening yang di miliki oleh Driver/kurir
tersebut agar tidak menimbulkan rasa iri terhadap Driver yang lainnya. Dan
seharusnya diadakan pelatihan untuk Drivernya, agar mengerti safety ridding dan
safty gear.
REFERENSI
http://happinessistime.blogspot.co.id/2016/06/kelebihan-dan-kekurangan-go-jek.html
Komentar
Posting Komentar